Jumat, 27 Mei 2016

Pilot, Alat Penerjemah Pertama yang Buat Liburan ke Luar Negeri Menyenangkan

Pilot
Berlibur ke luar negeri, walaupun menyenangkan, ada saja kendalanya. Salah satunya adalah perbedaan bahasa yang membuat kita sulit berkomunikasi dengan penduduk lokal. Untungnya perusahaan Waverly Labs sudah membuat earpiece yang berfungsi sebagai penerjemah langsung yang diberi nama Pilot.

Pilot merupakan earpiece pertama yang memiliki fungsi sebagai penerjemah. Pilot bekerja dengan berpasangan, yang berarti, agar bisa berfungsi, kita dan lawan bicara harus  sama-sama mengenakan Pilot, selain itu, Pilot juga dibantu dengan aplikasi di smartphone.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, setelah masing-masing mengenakan Pilot di telinga, kita tinggal berbicara, kemudian kata-kata yang kita ucapkan akan langsung diterjemahkan ke bahasa yang diinginkan, yang kemudian didengar oleh lawan bicara kita melalui Pilot.

Belum ada kejelasan tentang bagaimana cara kerja Pilot sebenarnya, namun diduga, earpiece ini akan menyimpan suara anda, mengirimkannya ke aplikasi melalui Bluetooth, dan kemudian diolah menjadi kalimat yang sudah diterjemahkan yang akan didengar lawan bicara.

Sebenarnya, Pilot bukanlah penerjemah pertama. Sebelumnya, sudah ada mode konversasi Google Translate, yang akan secara otomatis mendeteksi bahasa yang diucapkan dan menerjemahkannya. Namun Google Translate membutuhkan ponsel untuk berada di tengah-tengah pembicara sehingga bisa saja banyak suara lain yang masuk. Pilot, karena berbentuk earpiece, kemungkinan besar tidak akan terganggu dengan suara-suara dari luar.

Tertarik membelinya? Pilot diperkirakan akan dijual seharga AS$129 - AS$179 pada masa pre-order, dan dijual seharga AS$250 - AS$300 setelah diluncurkan secara resmi. (Agra Winona / Mashable via Intisari-Online)

Load disqus comments

0 komentar