Rabu, 25 Januari 2017

Cara Mengembalikan Extensions IDM Yang Hilang Pada Browser

Internet Download Manager
Yooo... whatzap yooo... Apa kabar sanak samandiai? Om balik lagi, kali ini tipsnya berawal dari pengalaman pribadi. Internet Download Manager atau disingkat IDM pasti sudah banyak yang tau, yap salah satu software yang membantu sanak dalam hal unduh-mengunduh berbagai file, dan salah satu software yang banyak menyedot bandwidth sanak disebelahnya yang lagi nonton drama korea wkwkwk...

Jadi gini, entah sejak kapan tiba-tiba browser om tidak muncul lagi notifikasi untuk download lewat IDM, padahal IDM masih ter-install dan dalam kondisi baik dan versinya paling update. Biasanya tiap kali memutar video atau memutar lagu langsung otomatis tombol download, setelah dilakukan pengecekan ternyata add-ons IDM di extensions browser hilang. Woles, ini hanya ujian, harap bersabar.
Add-ons Search
Dengan bermodalkan ilmu kisbung yang om punya, isenglah mencari add-ons di kolom pencarian extensions dan ternyata tidak ditemukan. Kemudian beralih mengutak-atik aplikasi IDM, mengubah konfigurasi IDM, beberapa kali restart laptop, tetapi tetap saja tidak berhasil. Akhirnya om memutuskan untuk menggunakan kesempatan bala bantuan.

Setelah beberapa menit berselancar bareng mbah google, akhirnya ketemu juga solusinya. Langkahnya sebagai berikut, silahkan sanak masuk ke explorer.

C:\Program Files\Internet Download Manager

Kemudian sanak coba temukan file IDMGCExt.crx, drag lalu drop ke lokasi extensions browser yang digunakan, add-ons IDM akan otomatis melakukan instalasi sendiri. Jika sukses maka tampilannya akan seperti dibawah ini.
IDM integration
Nah, sekarang putar video atau putar lagu dari halaman suatu website, apakah tombol download IDM-nya sudah muncul dan bisa melakukan proses unduhan seperti biasa. Jika belum, silahkan lakukan restart browser atau restart laptop sanak. Sekian dari om, semoga hari ini bermanfaat dan menyenangkan bagi sanak samandiai.

Note : Tested and worked on Mozilla Firefox and Google Chrome
Load disqus comments

0 komentar